Pentingnya Komputasi Cloud di Era Industri 4.0

Putri w

Dunia sudah mulai menginjak era Revolusi Industri 4.0. Internet of things, artificial intelligence, big data, cloud computing, dan robotik sebagai wujud dari revolusi industri 4.0 sudah sering kita temukan di kehidupan ini. Kementrian Perindustrian RI juga mulai menggalakkan ”Making Indonesia 4.0” sebagai salah satu roadmap menuju revolusi industri 4.0. Selain itu, munculnya perusahan-perusahan berbasis startup juga menandai bahwa kita sedang memasuki era revolusi industri 4.0 ini.

Salah satu teknologi yang berkembang sangat pesat adalah komputasi cloud. Saat ini banyak industri yang beralih ke cloud guna meningkatkan fleksibilitas dan melakukan inovasi lebih cepat. Satu hal kunci yang harus ditingkatkan oleh setiap industri adalah kemampuan manajemen data yang aman dan tepat. Dengan teknologi cloud ini, manajemen data akan semakin aman dengan tetap menganut prinsip pengembangan bisnis.

Perusahan Microsoft kini telah mengembangkan teknologi hybrid cloud yang bernama Azure Stack. Teknologi Azure Stack ini memliki beberapa keunggulan yaitu produktif, konsisten, intelligent, dan terpercaya. Azure Stack menawarkan pengalaman cloud paling konsisten berupa hybrid yang merupakan lintas infrastruktur digital, aplikasi, dan data sehingga memungkinkan dilakukannya inovasi aplikasi.

Salah satu kesuksesan penerapan hybrid cloud adalah ketika penyelenggaraan Asian Games 2018. Berkat teknologi ini, tim ITS Asian Games 2018 yang terdiri dari 27 tenaga ahli dan berbagai asosiasi dan komunitas IT dibantu para relawan mampu mengamankan sistem informasi selama acara berlangsung. Di Indonesia sendiri, Microsoft telah berkolaborasi dengan 6 mitra penyedia data center yaitu Telkom, Telstra, CBN Cloud, ViBiCloud, Visionet, Datacomn, dan Angkasa.

Seiring berkembangnya teknologi digital, Microsoft Azure hadir untuk mengatasi kebutuhan dan harapan pelanggan yang berubah cepat. Itulah pentingnya hybrid cloud Azure Stack bagi perkembangan industri di era revolusi industri 4.0 ini.

Sumber:

  1. kominfo.go.id
  2. m.viva.co.id

Tinggalkan komentar