Komputasi Modern

66

Hallo sobat sigma! Kembali lagi bersama SCC HIMASTA-ITS dengan artikel komputasinya. Disini kita akan membahas tentang komputasi modern. Apa sih yang terbersit di benak kalian kala pertama kali mendengar komputasi? Serta apa itu komputasi modern? Nah daripada penasaran, langsung aja simak penjelasan berikut ini.

Komputasi diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis. Pada saat ini, komputasi dilakukan dengan menggunakan komputer. Kata “komputer” pertama kali pada tahun 1613, mengacu pada perhitungan aritmatika. Akhir abad ke-19 dan seterusnya, berkembanglah sehingga akhirnya makna “computer” menjadi sebuah mesin yang melakukan komputasi.

Salah satu tokoh yang sangat mempengaruhi perkembangan komputasi modern adalah John von Neumann (1903-1957). Beliau yang meletakkan dasar-dasar komputasi modern. Von Neumann sangat tertarik pada hidrodinamika dan kesulitan penyelesaian persamaan diferensial parsial non-linier yang digunakan, kemudian beralih dalam bidang komputasi. Komputasi modern merupakan sebuah konsep sistem yang akan menyelesaikan masalah matematis menggunakan komputer dengan cara menyusun algoritma yang dapat dimengerti komputer untuk menyelesaikan suatu masalah. Komputasi modern mencakup perhitungan dan pencarian solusi dari masalah. Perhitungan dari komputasi modern adalah akurasi, kecepatan, problem, volume, dan besar kompleksitas.

Dampak positif komputasi modern adalah dapat membantu manusia untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks dengan menggunakan komputer. Beberapa jenis komputasi modern yaitu komputasi mobile, komputasi grid, dan komputasi cloud. Komputasi mobile merupakan kemajuan teknologi sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat. Komputasi grid yaitu menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistribusikan dan terhubung oleh jaringan. Komputasi cloud merupakan komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan pelayanan lewat internet. Komputasi modern juga memiliki beberapa karakteristik. Komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang. Komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam. Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

Demikian tentang komputasi modern, semoga bermanfaat. ^^

Tinggalkan komentar