Be a Pro Googling

Tips&Trik_Adry-crop

Kali ini, kita akan membahas terkait fakta sekaligus tips unik terkait mencari kata / artikel / bahasan terkait yang ada di Google Searching. Bahasa kerennya sih Googling. Manfaatnya untuk efisiensi waktu, memori, dan kuota. Ketahui penjelasannya berikut ini:

  1. Definisikan kata kunci

Seringkali kita menemukan kata-kata ilmiah atau istilah yang tidak familiar. Ketik saja kata kunci yang ingin diketahui di Google, misal define: analogi

  1. Mencari “kata yang persis”

Menggunakan 2 tanda petik pada frasa relevan yang ingin dicari untuk mencegah adanya rancu dua makna kata ketika tidak mengunakan tanda petik. Misal kita ketik di Google pekerjaan “analisis bisnis” untuk mencari pekerjaan terkait analisis bisnis.

  1. Mencari berbagai situs

Mencari situs-situs terkait materi pembelajaran atau pekerjaan? Ketik saja di google site:jobsDB.com akuntan untuk mencari lowongan kerja akuntan di situs jobsDB.com atau site:edu “statistik olahraga” paper untuk mencari paper terkait statistik olahraga yang dipublikasikan oleh pihak institut atau universitas.

  1. Mencari satu | lainnya, satu atau lainnya

Maksudnya adalah kita dapat mencari suatu hal yang terkait dengan beberapa hal lainnya. Misal kita ketik di Google, statistika deskriptif|regresi. Maka Google akan memunculkan terkait statistika deskriptif dan statistika regresi dalam satu beranda. Bisa juga kita ketik di Google, statistika deskriptif  atau statistika regresi.

  1. Mencari kata sejenis “~”

Ketik di Google STATISTICS~paper untuk mencari alternatif relevan paper terkait statistika secara otomatis.

  1. Cari sembarang “*”

Mencari hal yang terkait yang kita tidak mengetahui namanya, ketik saja statistika * software untuk mencari produk software terkait statistika.

  1. Mengeliminasi pencarian “-“

Untuk menghindari kata tertentu dalam pencarian, misal ketik lowongan magang statistika –akuntan dengan tujuan mencari lowongan magang terkait statistika yang tidak terkait dengan akuntan.

  1. Analisis kompetitor

Untuk mengetahui tren&praktik terkini dan kompetitor terkait. Misal ketik related: Kedai Racik atau Kedai Racik vs untuk mengetahui pesaing dari produk “Kedai Racik”.

  1. Mencari buku terkait

Mencari buku dengan pengarang tertentu? Atau dikaitkan dengan tema profesi / minat / tren saat ini? Ketik saja books by Andrea Hirata untuk mencari buku karangan Andrea Hirata atau ketik big data statistics books untuk mencari buku terkait statistika big data.

Semoga bermanfaat.

***

Relevant Source (with modification): requirementsinc.com/12-powerful-google-tips-every-business-analyst-and-others-should-know-about/

#TIPSDANTRIK #SCC1718 #HIMASTAITS #ITSSURABAYA

Tinggalkan komentar